Total Tayangan Halaman

Selasa, 11 Februari 2014

Melancong ke Surabaya

Kata orang Surabaya adalah kota besar. Fine, bapak Soekarno pernah bilang bahwa suatu kota yang hebat dilihat dari seberapa banyak monumen yang ada. Alhasil, Ica benar-benar menemukan itu di Surabaya. Kota yang hebat dengan monumen kokoh para pahlawan.

Welcome to Surabaya ! Enjoy the story like you were doing a trip ! :)


Hey ! Nice to 'meet' you ! Di cerita kedua melancong, saatnya bersahabat dengan kota besar setelah Jakarta, it must be Surabaya !

Surabaya adalah salah satu kota besar di Indonesia dengan ciri khas patung hiu dan patung buaya. Patung tersebut terlihat sedang bertengkar, walapun kalau dipikir-pikir, hiu sama buaya ketemunya dimana ya -- laut dan rawa, aih mungkin mereka janjian dulu kali yee :3 Yaa, waluun Ica bilang, satu-satunya simbol kota yang paling keren ! Keduanya adalah binatang buas yang tanggu. Setangguh kotanya , hehehehe

Oke, well,
ide untuk mengunjungi kota yang satu ini cukup mendadak. Mulanya icaa bakal pulang kampong nih, tapi kebetulan keluarga punya rencana pergi nih. Kebetulan juga memang ada saudara lho disana. Thank you.



 
Ica bernagkat dari Yogyakarta, sedangkan keluarga memulai perjalanan dari Ciamis. Padahal yah, kita beli tiket itu di jam yang sama lho. Sempet seneng nih kami dapat satu gerbong.

“Ca, mamah di gerbong 6 !” kata mamah lewat telepon.
“Lho, Ica juga gerbong 6, yeee !” dengan senengnya Ica langsung aja deh ke stasiun Tugu. Yeay, I’m coming !! Dengan pedenya menunjukan satu tiket yang didapat dari para jomblo pelayan ind*mar** yang selalu berbaik hati mengucapkan selamat pagi disetiap hariku. Senyumanmu..
Pas diperiksa tiketnya ..

Ica : Pak gerborng 6 yang mana ya?
Bapak penjaga tiket : gerbong 6? Ga ada gerbong 6 de.
Ica : lho ini *sambil nunjukin tiket
Bapak penjaga tiket : Ade salah liat yaa..
10 detik kemudia Ica dapet sms dari mamah Ca, gerbon 6 di atap kali ya, ga ada kok. Oalaaaah, gubrak, kenapa gak dari tadi T__T hiks, Ica nyengir aja ke tukang tiket. Ya, seumur-umur naik kereta emang gak ada yang namnya gerbong 6. Kecuali kamu duduk sama si masinisnya bro. hihi

Perjalanannya mengasikan sekali. Di perjalanan kereta ke Surabaya, pasti bakal singgah di stasiun Madiun. Apa yang kata filem-filem dan orang bilang, kalau singgah kesini jangan lupa sama pecelnya. Bahasa gaulnya Ica lag imager –malesgerak-, so, ica Cuma ileran lagi deh liat kanan/kiri,depan/belakang makan pecel pake rempeyek. Belom lagi kereta eksekutif ber-ac yang notabene benar-benar sunyi senyap (rata-rata penumpangnya berjas bro~), ngedenger suara Srupuuuuuttt, aih nikmat banget itu orang. Semoga deh tegugkan air liur Ica ga lebih keras dari suara Srupuut pecel. I aaaargggh *garuk-garuk kursi*

Selanjutnya, eng-ing-eng. Kami mendapat penginapan di hotel F**E. Hotel yang benar-benar minimalis dengan nuansa ungu didalamnya. Keren sekali, saat masuk, bukan untuk tidur yang hadir dipikiran Ica, tapi karoke~ Asli deh, ini desain interiornya benar-benar minimalis. Oh ya, satu tips untuk memilih hotel. Kalau berada di liburan panjang atau ditanggal-tanggal fenomenal, lebih baik anda mencari hotel 2 hari bahkan bisa 2 minggu sebelumnya. Antisipasi kepenuhan ! Jangan lupa untuk mencari layanan yang diberikan juga, jangan asal liat dekor hotenya saja. Setelah itu langsung telepon dan booking ! #tipsliburan



Menginap. Keesokannya matahari sudah berseri bung ! Saatnya ke indo***** eh, saatnya breakfast! Sambil memikirkan rencana melancong. Lansung dibena kita untuk mengunjungi museum kapal selam. Salah satu peninggalan angkatan laut. Wow super sekali, hanya dengan membayar 8000 anda bisa membeli pengetahuan yang berguna sekali !!! 



Untuk memasuki museum ini diperlukan kesabaran luar biasa *eh. Kebetulan aja sih, pas kita kesana ternyata lagi ada kunjungan tour anak TeKa. So, kita malah ikut rombongan anak mini  mini. 



Ikut rombongan ukan berarti kalap buat narsis dong. Having fun bro !!! Enjoy the trip !
Setelah melihat museum kapal selam, pelajaran yang didapat : Indonesia adalah perjuangan  Disamping museum terdapat sungai yang benar-benar bersih. Katanya sih, biasanya suka ada sewa perahu juga. Wah mini itali dongs :3



Salut deh sama kota jawa tengah dan timur yang mengedepankan kebersihan. Bisa dilihat jalanan Surabaya benar-benar luas, belum lagi tidak ada sampah dimana-mana. Kalau kesini jamin kaya diluar negeri deh, ga ada sampah ! Surabaya juga menghargai pejalan kaki dengan membuat trotoar yang luas dan tentu saja bersih ! 


Next trip – House of Sampoerna. Melancong ke museum satu ini memang ga ada duanya.
Rokok-rokok yang dihisap sebagian besar masyarakat ternyata pembuatannya benar-benar keringat manusia. Menajubkan melihat langsung pembuatan rokok. Sayangnya tidak diperbolehkan mengambil gambar. So, kita potret-potret di museumnya saja.




Museum ini sungguhkeren ! Dengan nuansa klasik dan aroma khas tembakau, kita bisa melihat kronologi perjalanan perusahaan rokok tersembut. Belum lagi terdapat barang barang antic bahkan jajanannya !
Ada juga gerobak jajanan, Ica kira emang ada angkringan (nama tempat making kaki lima di Yogyakarta dengan jajanan murah0murah) di dalem museum. Hehehe, ternyata bukan kok J
Sebagai penggila postcard, di outlet oleh-oleh terdapat postcard lho ! Ga pake mikir langsung serbu ! hahahaha siap-siap dikirim buat temen-temen around the world.



Pulang dari museum House of Sampoerna, kita sempat nyasar. Ya setipe orang yang merana mencari tumpangan, kita hamper putus asa. Mana ada taksi lewat ke jalan masyarakat gini – So, kita jalan kea rah jalan raya. Walaupun sebenernya deket, tapi netah kenapa rasana lelah sekali. Alhasil, jalan raya tepat 10 meter didepan, kita malah menggunakan angkot (dengan jurusan entah kemana). 

Sumpah deg-degan ! malah belok ke terminal ! hahaha, tapi keyeeen, kita jadi bisa liat taman deket jembatan merah.
Melihat jalan raya kayak udah liat oase di tengah gurun tau gak sih ! – kita langsung nguber taksi,masuk taksi, langsung menuju hotel ~




Mengunjungi Surabaya untuk silaturahmi, benar-benar mengesankan. Kita diajak pergi ke sepanjang jembatan Suramadu. Sebuah jembatan yag dimiliki Indonesia menghubungkan antara Surabaya dan Madura.Keyeen lagi deh ! Jalanannya memiliki PJO (Penerangan Jalan Umum) yang hebat. Seperti halnya di luar negeri, jebatan gantung ini memiliki kecanggihan luar biasa. Lampu warna-warni menyejukan mata. Indah sekali. Kebetulan kita berangkat malam hari. Hehe
Selanjutnya ke Taman yang diberi penghargaan sebagai taman trbaik se-Asia Tenggara. Coba cek lagi beritanya, aku lupa nama tamannya. Hehe, tapi taman ini benar-benar keren. Sampe jam 11 malam masih saja banya anak-anak bermain kesana kemari. 



Asik, hiburannya benar-benar lengkap bung ! HAhahhaa konyolnya, Ica dan sodara-sodara Ica bermain di tengah lapang. Disekeliling lapang dipenuhi orang yang ‘berpacaran’, tapi kita asik aja deh main baling-baling. Wahana yang favorit kami naiki adalah enjt heheot-enjotani. Ya , whatever ,namanya sih ungkat ungkit.Kayak masa kecil kuang  bahgia, kayanya puas banget deh main di taman. Especially for Ayu and Erina, Ayoo lagi ! Seru banget loh bikin frustasi teh usi (kakak kandung ica) naik ungkat ungkit. HAhahaha, kemarin sih mukanya ga control banget saking takutnya kami kerjain diungkat ungkit. Hahhaa kayak main tornado di dupan, arenanya sama berbahaya hahaha. Berhaya untuk dinaiki orang dewasa, wkwkkwk

Lanjut deh diajak makanan fenomenal di Surabaya. Rawon khas Surabaya benar-benar kental, nikmat, berselera deh pokonya. Dan yang uniknya lagi pelayan rawon pinggiran memiliki kecerdasan luar biasa. Jangan heran jika ia lebih cepat menghitung dari pada anda. Yeah, orang Indonesia kan pintar pintar kan ?



Lupa deh cerita, kita juga diajak ke foodfest lho. Salah satu tempat makanan dengan aneka merek didalamnya. Ahhh keren banget, serasa masuk iklan Kecap Ban*o yang ditipi itu lho. Serasa masuk filem korea, beli telur gulung, persis adegean Gu Jun Pyo sama adiknya Geum Jan Di, muhehehe

Lucunya, disana ada pertunjukan kecil. Pantonim. Ya, mereka tanpa suara dan cukup menyeramkan menurut Ica, hehe. Bayangin aja malem-malem dikasih badut dandanan pantomime. Wah wah. But, overall,  ereka sangat kreatif !
Wah 2 halaman untuk Surabaya ! Baiklah, tutup laptop saja, Ica ngetik ini di kereta lho, perjalanan pulang. So, kalian anggap sedang melancong juga ya ! Terus tongkrongin blog ini, cerita melancong bakal terus ada. happy holiday ! Keep Stalkin’ instagram : arinilhaqnafs

3 komentar:

  1. keren de, next destination mau melancong kemana? :)

    BalasHapus
  2. wah makasih ya, ini artikel melancongnya juga masih ada yang belum publish. terus stalkin' ya :)

    BalasHapus
  3. Menarik sekali.. ini ada info hotel murah di Surabaya... http://dparagon.com/kost-eksklusif-surabaya/ .. semoga bermanfaat.

    BalasHapus