Total Tayangan Halaman

Selasa, 29 Desember 2015

Youth Broadcasting Camp by UNESCO

Ica seneng banget di tahun 2015 ini benar-benar produktif. Padahal baru on fire bulan febuari. Melanglang buana ke segala penjuru Indonesia. Jalan-jalan dengan prestasi itu benar-benar luar biasa. Kita bisa mendapat banyak sekali pelajaran di luar sana dan berkenalan denga banyak orang.

Yours Radio-Nafisah Arinilhaq


Yang satu ini adalah batu loncatan Ica tahun 2015. Yups Youth broadcasting Camp yang digagas oleh Youth Diversity Alliance dan didukung oleh UNESCO ! keren kan :D Awalnya ragu untuk join, tai karena dulu ada title free nya jadi aku gabung deh.

Nafisah Arinilhaq dan Angel Hakuun 



Program utama dari Broadcasting Camp ini adalah menggagas media yang dapat dimiliki dan dinikmatioleh anak muda. Media ini merupakan sarana informasi dan advokasi mengenai isu isu terhangat masa kini. Selain sbagai portal, media ini juga menjadi saluran yang menyegarkan karena ada juga suguhan musik dan kreasi dari anak muda via Radio. Inovasi dari media ini adalah pengguna dengan segmen anak muda bisa mendapatkan link Radio via live streaming. Jadi kapanpun dan dimanapun, kalian bisa dengar berita dan informasi ter-up to date.

Kartu Tanda Peserta Nafisah Arinilhaq
Hari pertama kami dihubungi dari pihak UNESCO. Kemudian kami membahas tentang inti permasalahan dan pengenalan media Radio. Jelas, kita harus mengetahui dengan seksama media yang akan kita gunakan. Media ini akan menjadi sarana yang efektif jika kita bisa memakainya.
 

Asyiknya camp seperti inii. Ternyata teman-teman delegasi orang-orang hebat dan sudah mengagags banyaaak sekali program diluar sana. satu kata buat mereka WOW. Dulu Ica masih seperti orang yang hanya berpengalaman di lomba dan event. Sedangkan untuk social movementi baru sekarang ini. Jadi Ica gunakan kesempatan ini sebaik mungkin.

 Eitss jangan salah, disini kami juga banyak permainan interaktif lhoo dan seru seru ! hahaha. Dimulai dari api unggun, tebagak gerak, terus fgd , waa pokonya banyak banget deh. Permainan yang disuguhkan rata-rata sangat mendidik. But at least, kami sampai bikin video herlem s***e dan itu ga kita publish hahaha hanya untuk koleksi masing-masing peserta.

sama teman-teman delegasi-Nafisah Arinilhaq


Kami juga kehadiran banyak sekali pembicara-pembicara yang kebanyakan adalah pegiat sosial. Dari yang umurnya masih beli sampai profesional. WOW. Banyak sekali inspirasi yang menempel di otakku dan sampai sekarang menjadi pemicu semangat. Apalagi saat kita dituntut membuat projek kecil dan diajukan dalam FGD. Kamu akan tahu masing-masing karakter seseorang.



Banyak orang bilang ikut kegaiatn seperti ini hanya untuk CV. Tapi itu slaah besar. Memang salah satunya, namun bukan alasan utama. Ingatlah pengalaman itu tak akan kembali, tak akan datang dua kali dan sangat berniali. Pengalaman disni cakupannya luas sekali. Pertama ilmu itu sendiri, persaudaraan, momen sampai nila-nilai yang kita ambil di suatu kegaiatan. Mengikuti program seperti ini juga dapat membentuk karakter dan kepercayaan diri kita. Namun jelas, harus ada faktor usahan dan kemauan untuk teru belajar. So, jangan bilang lagi kalau kamu menjadi aktivis karena CV, karena nantinya kamu akan merasa hampa! well, ya seperti itu.

permainan jaring laba-laba

Di akhir kegiatan ini, kita melakukan planning besar-besaran dimana kita membuat resolusi yang akan digiatkan di tahun 2015 dan selanjutnya. Walaupun sampai sekarang prosesnya cukup tersendat di pihak Ica karena banyak sekali kesibukan. Tapi pengalaman ica emngikuti program ini sungguh tak akan terlupakan !

And, tau ga? kan di program ini ada surat suratan gitu kan. Nah ada yang kirim surat ke amplopku. Yang paling melted tuh pas dibilang gini "Mbak senyumannya kaya Ubin Mesjid" ... beuuuhhhhhhhh terbanglah ane. hahahahha




Jangan takut untuk berubah ke hal yang lebih baik, skealipun kamu sendirian ! Tidak ada salahnya mencoba :) dan buanglah rasa gengsimu :p




1 komentar: